Food Truck: Tampilan Baru Pedagang Kaki Lima

Ajeng Savitri
Artikel oleh : Ajeng Savitri
Foto oleh : http://www.qraved.com/journal/wp-content/uploads/2014/12/retro-gourment-food-truck.jpg
Pin It

Food Truck merupakan salah satu budaya Amerika yang muncul pasa tahun 1950-an. Awalnya food truck hanya digunakan untuk berjualan makanan bagi para kontraktor karena tempat kerja mereka yang jauh dan sedikitnya waktu mereka untuk makan siang. Setelah berpuluh-puluh tahun berlalu kegunaan food truck pun mulai berubah, dan saat ini food truck digunakan untuk menjual berbagai macam makanan yang dapat dinikmati oleh semua masyarakat.

Budaya Food Truck ini mulai dilirik di dunia kuliner Indonesia. Sebenarnya keberadaan food truck di Indonesia bukanlah hal baru, namun beberapa tahun terakhir food truck mulai mendapat perhatian dari masyarakat Jakarta. Food truck menjadi trend di Jakarta karena mudah ditemukan di jalanan ibu kota, juga karena harga yang relatif tidak mahal untuk masyarakat Jakarta. Makanan yang dijual pun bervariasi dan dibuat cocok dengan lidah orang Indonesia.

 

Taco Food Truck

Taco Food Truck berawal dari ide 4 orang sahabat yang bermimpi sama-sama ingin membawa suasana baru di dunia kuliner Jakarta. Mereka mempunyai ide untuk membuka bisnis makanan bersama, dan akhirnya mereka membuka sebuah food truck yang terinspirasi dari salah satu makanan khas Amerika Serikat tepatnya Meksiko. Salah satu pencetus adanya food truck ini adalah Andre Tenardi. Ia menjelaska bahwa food truck ini menjadi trend di Jakarta setelah 5 bulan. Taco truck ini pun mulai memperluas daerahnya, mulai dari Kemang sampai Kelapa Gading. Menu terfavorit food truck ini adalah taco pilihan dengan tortilla renyah dengan isi daging sapi, ayam, sayur, ada juga pilihan bulgogi, ayam teriyaki, dan rending asada.



Loco Mama

Loco Mama dibuat dari ide seorang wanita bernama Griselda Valentina dan 5 rekannya yang menyukai makanan Meksiko. Akhirnya mereka mendirikan bisnis food  truck. Mereka meracik resep-resep itu sendiri. Food truck itu didirikan bulan Desember 2013 lalu di Kemang Raya. Mereka buka setiap hari. Menu utama pada yang disajikan truck ini adalah burrito, tetapi terdapat menu lain seperti nachos dan pizza quesadilla yang tidak kalah menarik. Harga yang ditawarkan relative murah mulai dari Rp20.000,- sampai Rp60.000,-. Food truck modifikasi mobil chevy berwarna merah putih ini mulai menarik perhatian para pecinta masakan meksiko di Jakarta.

 

Retro Gourmet

Retro Gourmet didirikan oleh Lulita, seorang chef bintang 5 dan beberapa temannya. Tidak seperti kebanyakan food truck di Jakarta, Retro Gourmet menjual berbagai macam menu mulai dari masakan Eropa, Jepang, Amerika, dan juga Indonesia. Menu-menu ini dijual dengan selera orang Indonesia menggunakan bus modifikasi berwarna pink. Beberapa masakan favorit khas food truck ini antara lain seperti homade roti Quiche Lorraine, Subway Sandwich, dan Almond Chocolate Raisin Cookies. Food truck ini dapat ditemukan di depan pelataran FX lifestyle, Sudirman yang buka selama 24 jam.

 

Tabanco Coffee

Tabanco Coffee dikelola oleh seorang entrepreneur muda bernama Reza> Karena kegemarannya membuat kopi, ia ingin menjalankan usaha dengan berbisnis kopi dengan cara yang berbeda dari yang lainnya yaitu menggunakan mobil VW berwarna coklat dan putih. Food truck ini mendapat perhatian dari berbagai pengunjung karena keunikannya, yaitu lukisan yang menjelaskan cara pembuatan kopi di mini truck ini. Menu yang dijual bervariasi dan rasanya tidak kalah dari kedai kopi lain di Jakarta. Salah satu menu favorit di food truck ini adalah ice blend coffee, dan ice coffee. Harga kisaran coffee yang terjual mulai dari Rp15.000,- sampai Rp43.000,-.

 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos