Sunrise in Bali

Xenia Veryano
Artikel oleh : Xenia Veryano
Foto oleh : Xenia Veryano
Pin It

Bosan dengan melihat sunset di Bali? Siapa bilang Bali hanya terkenal dengan sunset-nya? Sunrise di Bali enggak kalah indahnya loh! Yuk mari kita bangun pagi-pagi dan nikmati udara yang menyegarkan dan pastinya bebas polusi!

Ada beberapa tempat di Bali yang harus kamu kunjungi untuk melihat sunrise!

 

Gunung Batur

Untuk kalian yang suka berpetualang di alam bebas, Gunung Batur adalah tempatnya! Gunung Batur adalah satu dari tiga gunung berapi aktif di pulau Bali. Dua lainnya adalah gunung Agung dan Gunung Batu Karu. Gunung Batur dengan ketinggian 1.717 m diatas permukaan laut merupakan salah satu gunung yang mempunyai kaldera terbesar didunia dengan ukuran 13,8 x 10 km. 

Untuk dapat menyaksikan sunrise yang pas, dianjurkan untuk memulai mendaki Gunung Batur pada sekitar pukul 04.30 pagi. Perjalanan keatas ditempuh sekitar 1 jam. Untuk kalian yang menganggap ini sebuah rintangan, jangan khawatir karena pemandangan yang akan kalian saksikan sangatlah menakjubkan dan totally worth it!

Untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal, dianjurkan untuk membawa seorang pemandu. Hal ini dikarenakan tekstur Gunung Batur yang berbatu sehingga bisa berbahaya bagi kalian yang tidak terbiasa mendaki gunung. Biaya yang dikeluarkan untuk sekitar 300-350 ribu rupiah. Jangan khawatir, karena satu pemandu bisa untuk beberapa orang dalam sebuah grup. Jadi tentunya tidak akan terlalu menguras kantong kalian!

 

Pantai Sanur

Selain sunrise di Gunung Batur, sunrise di Pantai Sanur juga tidak kalah indahnya! Sepanjang Pantai Sanur terkenal selalu menyajikan panorama alam yang begitu cantik. Selain Pantai Kuta yang sudah terkenal diantara para pendatang baik dari dalam maupun luar negeri, Bali juga menyuguhkan Pantai Sanur untuk dieksplorasi wisatawan. Tidak heran, pantai ini kerap dipadati pengunjung sepanjang tahunnya.

Terletak di Desa Sanur, Kota Denpasar, Pantai Sanur termasuk yang berada di tengah kota dan lokasinya mudah dijangkau dari Bandara Ngurai Rai, Bali. Banyak sekali yang ditawarkan Pantai Sanur kepada para pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya melihat pesona Pulau Dewata.

Tidak seperti kebanyakan pantai di Bali yang menjadi tempat sunset, Pantai Sanur ini justru menjadi favorit para pengunjung yang memburu matahari terbit. Untuk kalian yang bertanya-tanya mengapa Sanur ini unik ketimbang pantai lainnya yang menawarkan sensasi matahari terbenam, itu karena Pantai Sanur terletak di sebelah timur Pulau Bali. Jadi pandangan kamu akan langsung mengarah tepat kearah matahari terbit!

 

Pantai Lovina 

Pantai Lovina berada di Bali Utara, tepatnya 9 kilometer dari kota Singaraja. Pantai ini menyajikan keindahan atraksi lumba-lumba di pagi hari di laut secara bebas. Uniknya lagi, kita bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk melihat lumba-lumba di tengah laut. Selain bisa melihat atraksi lumba-lumba, kita juga bisa menyaksikan terbitnya matahari dengan indahnya. Sama seperti pantai Mertasari, selain kita bisa menyaksikan keindahan matahari terbit, di pantai ini kita juga bisa menyaksikan matahari tenggelam.

Sedikit mengenai sejarah Pantai Lovina, nama Lovina merupakan gabungan dari dua kata yaitu kata “Love” dan “Ina”, yang berarti cinta Ibu (Ina), dalam bahasa Bali, atau arti luhurnya “Cinta Ibu Pertiwi”.

 

Pantai Amed

Pantai Amed bagi beberapa orang tempat tersebut terkadang cukup asing, namun tidak bagi wisatawan asing, lokasinya yang agak jauh dari bandara, butuh sekitar 2.5 jam perjalanan dari bandara atau 30 menit dari pusat Kota Karangasem, Amlapura, Bali. Oleh karena itu, pantai ini  tidak begitu populer dikalangan turis lokal. Pantai Amed yang berada di ujung Timur pulau Bali ini, memiliki keindahan sunrise yang sempurna. Keindahan pantai bisa disaksikan dari pantainya langsung atau dari balkoni hotel atau tempat penginapan. Segala bentuk fasilitas yang akan menunjang kepuasan kalian selama berada di area Pantai Amed tersedia disini. Semuanya dari segi watersport hingga penginapan dengan kisaran harga yang dijamin tidak akan menguras kantong kalian! Dari Pantai Amed ini bahkan bisa kalian temukan kapal cepat/ speed boat menuju Pulau Lombok dan Gili.

 

Tanjung Benoa

Wilayah perairan ini selain sebagai tempat untuk segala aktivitas olahraga air. Daerah ini juga dikelilingi oleh tempat penginapan. Jadi beruntunglah untuk mereka yang menginap di daerah ini. Suasana pagi yang cerah dan sepi akan memberikan kesan berbeda dibandingkan ketika matahari beranjak lebih tinggi. Suara mesin speed boat, jetski, banana boat ataupun untuk keperluan olahraga air lainnya, menjadikan kawasan wisata ini selalu ramai dipadati pendatang baik lokal maupun internasional. Jadi untuk kalian yang sudah jauh-jauh datang ke Tanjung Benoa untuk melihat sunrise-nya, bisa langsung mencoba atraksi watersport disini! Harga yang ditawarkan dijamin terjangkau untuk kalian pendatang lokal!

Itulah tempat-tempat yang patut dikunjungi untuk menyaksikan fenomena sunrise. Jika kalian kesulitan untuk mengunjungi pantai itu pagi-pagi karena lokasi tempat tinggal kalian jauh dengan pantai tersebut, jangan khawatir karena tidak jauh dari pantai tersebut terdapat penginapan dengan harga-harga yang pastinya tidak akan menguras kantong kalian!

 

References: http://www.kompasiana.com/winwannur/indahnya-sunrise-di-gunung-batur_552a17aa6ea8341879552d01

http://www.thisislandlife.com/travel/the-four-best-places-to-watch-the-sunrise-in-bali

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos