Murid itu Titipan Tuhan

Mayzsa Bianda
Artikel oleh : Mayzsa Bianda
Foto oleh : smeaker.com
Pin It

Setiap anak mempunyai hak yang sama untuk belajar, setiap anak mempunyai hak yang sama untuk tahu, dan setiap anak punya hak yang sama untuk hidup. Hidup dalam arti memperjuangkan keberadaan mereka, melihat dunia dan merasakan cinta.

 

Laskar Pelangi, film dari Indonesia ini mengangkat seluruh nilai-nilai tersebut. Bahwa setiap anak berhak diperjuangkan. Laskar pelangi menceritakan tentang semangat dari murid-murid yang seharusnya menjadi acuan murid-murid di Indonesia. Film karya Riri Reza ini diangkat dari Novel karya Andrea Hirata yang terbit tahun 2005 lalu.  

 

Cerita Laskar Pelangi berasal dari desa Gantung di Belitung Timur. 11 anak yang terus berjuang meskipun nasib tak berpihak kepada mereka. Didaerah tambang itu, banyak anak murid yang akhirnya dipekerjakan dan tidak lanjut sekolah. Laskar Pelangi disebutnya oleh ibu Muslimah, guru di sekolah Muhamadiah, adalah anak-anak yang tetap memperjuangkan hak nya untuk tetap belajar di sekolah Muhamadiah yang hampir ditutup.  Petualangan mereka menjadi inspirasi untuk terus meraih cita-cita dalam kondisi apapun   

References :

http://www.goodreads.com/book/show/1362193.Laskar_Pelangi

http://laskarpelangithemovie.blogspot.com 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos