Ketoprak Ciragil: Nikmatnya Makanan Rakyat Betawi

Ajeng Savitri
Artikel oleh : Ajeng Savitri
Foto oleh : http://dailycookingquest.com/by-cuisine/indonesian/ketoprak
Pin It

Ketoprak, makanan sehat yang satu ini telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Jakarta. Salah satu rumah makan terkenal yang memiliki menu ketoprak adalah Rumah Makan Ketoprak Ciragil. Warung ketoprak ini dibangun oleh Haji Tahlani sekitar tahun 1960. Sekarang rumah makan ini sudah terkenal dan sangat diminati oleh masyarakat.

            Saat berjalan di kawasan Ciragil, Kebayoran Baru semua orang pasti mengalihkan pandangannya ke rumah makan ini. Warung ketoprak ini sangat sederhana, meja-meja kayu dengan kursi plastik yang disusun seadanya dan penjual yang sibuk melayani pesanan para pelanggan dapat terlihat dari luar restoran ini. Tidak lupa banner berwarna hijau bergambar kecap bertuliskan Ketoprak Ciragil dipasang di depan untuk menandakan keberadaan rumah makan ini. Walaupun terkesan kecil, namun para pelanggan warung makan ini sangat banyak. Rumah makan ini selalu dipenuhi pesanan pelanggan, apalagi saat jam makan siang. Para pembeli rela mengantri berjam-jam untuk merasakan kenikmatan sepiring ketroprak yang satu ini.

            Ada beberapa alasan mengapa Ketoprak Ciragil sangat dicintai para pecinta kuliner tradisional Betawii, salah satunya karena keunikan rasa saus kacangnya yang menggunakan kacang mede. Rasa gurih dari kacang itulah yang membuat para pelanggan tergila-gila dengan ketoprak ini. Selain itu di restoran ini, pembeli bisa memilih sendiri jenis telur yang akan dicampurkan bersama bahan-bahan ketoprak lain sesuai selera. Satu lagi yang membedakan ketoprak ini dengan ketoprak lainnya, penggunaan lontong sebagai sala satu bahan dasar dari Ketoprak Ciragil.

            Harga ketoprak ini pun masih dalam kisaran yang tidak terlalu mahal. Cukup mengelurakan uang sekitar 15-28 ribu rupiah, para pecinta kuliner dapat merasakan kelezatan ketoprak ini. Meskipun sang penjual menolak untuk memperbesar warung makan Ciragil ini, namun menu yang ditawarkan di rumah makan ini semakin berkembang setiap tahunnya.

 

Sumber:

http://www.sendokgarpu.com/restaurant/4877

http://www.doyankuliner.com/article/detail/246/Ketoprak-Ciragil

https://gjb3112mellisak.wordpress.com/lunch/ketoprak/ketoprak-ciragil/
Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos