Galeri Hadiprana: Galeri Seni Terdepan dalam Mengapresiasi Seniman Indonesia

Sharfina Fitri Indrayadi
Artikel oleh : Sharfina Fitri Indrayadi
Foto oleh : Sharfina Fitri Indrayadi
Pin It

Galeri yang terbentuk pada tahun 1962 ini adalah salah satu contoh galeri yang menjadi pelopor dalam mengapresiasi seniman di Indonesia Usia galeri ini sudah cukup lama. Pada tahun 2012 lalu Galeri Hadiprana genap berusia 50 tahun. Pada 8 desember 2014 sampai 8 januari 2015 silam, pameran seni rupa bertema “Celebration of a New Hope” diselenggarakan dan berisikan hasil karya seni seniman Indonesia, dari Jogjakarta hinga Ubud. 

IMG_2472_1.JPG

Filosofi dari pameran tersebut adalah untuk merayakan penyambutan era yang telah berubah. Indonesia sudah melalui berbagai era dari berbagai aspek. Pemerintahan yang tadinya berubah dari orde lama hingga sampai pada detik ini, orde reformasi. Begitu pula dengan kencangnya perubahan perindustrian. Setiap perubahan itu diharapkan untuk beralih ke hal yang lebih positif, menjunjung kebenaran, dan lekat dengan kebaikan. 

IMG_2469_1.JPG

IMG_2476_1.JPG

Galeri Hadiprana sangat konsisten dengan komitmen mereka dalam mengapresiasi seniman Indonesia. Seni yang dipamerkan sangat ragam bentuknya, akan tetapi, seni menggunakan cat minyak terlihat lebih dominan dalam galeri ini. Tema yang diangkat dalam galeri ini sangat menarik dan mendasar. Indonesia.

Tidak hanya kesenian dalam bentuk seni lukis, galeri ini juga menghadirkan kesenian lainnya seperti seni ukir yang sangat indentik dengan nuansa lokal. Pada pameran sebelumnya, seniman yang menampilkan karyanya mayoritas berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Bali. Melihat dari profil mereka, sebagian besar seniman menempuh studi mereka di salah satu institut seni rupa di Indonesia. 

IMG_2474_1.JPG

IMG_2477_1.JPG

 

IMG_2488_1.JPG

Saat memasuki galeri lukis, terlihat bahwa galeri ini tidak terlalu besar. Akan tetapi, karya-karya yang ada didalamnya sangat memukau dan terlihat penuh dedikasi dalam pengerjaannya. Jika mengikuti alur instalasi, maka pengunjung akan tiba pada sebuah toko yang tersambung dengan galeri. Toko ini mengabadikan hasil karya seni (khususnya seni lukis) dalam berbagai medium, contohnya seperti kartu pos, sampul kado, pajangan dinding, dan masih banyak lagi. Semua barang yang dijual terkesan ekskulsif karena dibuat dalam jumlah yang minim. Karya seni yang dipilih juga unik, menarik dan berkesan memiliki kualitas yang tinggi. 

Dengan menyempatkan diri ke galeri ini akan membuat pengunjung melihat berbagai warna, sisi, kebudayaan dan kehidupan masyarakat Indonesia. Isu-isu yang diangkat dalam setiap karya seni berkisar dari isu politik, budaya, hingga gaya hidup modern. Melihat karya seniman Indonesia yang memukau akan membuat kita sadar akan potensi masyarakat kita, khususnya di bidang kesenian. 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos