Rumah Jagoan Si Pitung

Syarifah Hana Alhaddad
Artikel oleh : Syarifah Hana Alhaddad
Foto oleh : JAKARTA UTARA
Pin It

Siapa sebenarnya sosok tokoh Si Pitung?

Alangkah banyaknya versi cerita jagoan Betawi yang dikenal sebagai Si Pitung ini. Pada dasarnya, ia sering sekali dijuluki sebagai Robin Hood Betawi karena kisah heroiknya dalam menjadi figur pembelaan rakyat yang tertindas pada zaman kolonialisme Belanda. Kononnya, Si Pitung sangat dibenci mereka yang berkiblat terhadap kompeni tetapi dicintai rakyat yang dirampoki harkat dan martabatnya oleh pasukkan penjajah. 

Masa kehidupan Si Pitung diisi dengan kegiatan merampok orang-orang pribumi yang kaya karena menjadi kaki tangan kompeni dan membagikan hasil yang diperoleh kepada rakyat minoritas. Telah dipercayai bahwa iapun tidak bergerak sendiri melainkan dalam kelompok yang dibuatnya. Perjalanan Si Pitungpun tidak mudah. Ia terus melarikan diri dari penangkapan kompeni yang kemudian hari berhasil dan mengakhiri hidupnya. Pada saat inilah Rumah Si Pitung di Marunda Pulo, Cilincing, Jakarta Utara, menjadi tempat legendaris. Rumah tersebut, yang aslinya dimiliki Haji Syaifudin, dikunjungi Si Pitung saat ia merantau untuk mencari nafkah bagi masyarat yang dikasihinya serta tempat dimana ia sembunyi dari pasukan Belanda.

Rumah Si Pitung terletak dekat laut bersama rumah-rumah nelayan di daerahnya. Walau demikian, pada saat itu rumah Si Pitung paling mencolok karena paling mewah diantaranya. Setelah ditetapkan sebagai ‘Cagar Budaya Pemda DKI Jakarta’, rumah tersebut mengalami sedikit perubahan struktur dari bentuk aslinya. Akan tetapi, pembaruan ini tidak merubah nuansa arsitektur rumah panggung milik Haji Syaifudin yang mencakupi perpaduan antara berbagai macam tradisi Indonesia. 

Tentunya kisah cerita rakyat Si Pitung ini banyak mencerminkan watak warga Betawi yang dikenal sekarang, yakni kekompakan yang serta dalam komunitasnya. Selain itu rumah Si Pitung juga menjadi objek peringatan akan perjalanan yang ditempuh jagoan tersebut serta memberikan gambaran multi-etnis yang terpadu pada desain rumahnya.


References

https://books.google.co.id/books?id=rPQXJzgFK68C&pg=PA82&lpg=PA82&dq=rumah+si+pitung+marunda+pulo&source=bl&ots=CkhA72_Ac6&sig=Gr3oLkOiHdku5vZSrwbLclA-k2w&hl=en&sa=X&ei=UMHYVMOONI6yuQT-pIDoDw&redir_esc=y#v=onepage&q=rumah%20si%20pitung%20marunda%20pulo&f=false

http://djamandoeloe.com/read/71/tokoh/si-pitung-jagoan-betawi

http://megapolitan.kompas.com/read/2011/06/28/14090767/Misteri.Rumah.Si.Pitung.

http://ceritarakyatnusantara.com/id/folklore/161-si-pitung#

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos