Semangat Pagi Nusantara

Petilasan Sumur Gemuling

Petilasan Sumur Gemuling terletak di Dusun Bantengan, Trangkil, Pati, Jawa Tengah. Sumur ini merupakan salah satu petilasan sejarah Kabupaten Pati.
More

Penjor, Ekspresi Kemakmuran Dan Kebahagiaan

Penjor, sebuah karya seni dekorasi tradisional yang selain sarat dengan makna sebagai ungkapan kebahagiaan, juga mempunyai nilai manfaat ekonomi untuk masyarakat dengan berbagai kreasi keindahannya.
More

Kasongan, Dari Gerabah Menjadi Rumah

Menyusuri jalan di Kasongan, di kiri kanan berjajar rumah pajang, galeri besar maupun kecil. Mereka menawarkan guci raksasa berharga jutaan rupiah hingga gantungan kunci, vas kecil atau asesoris sebagai souvenir perkawinan.
More

Pangrebongan Dalam Rekaman Foto (bagian 2)

Membersihkan senjata tombak yang disimpan di dalam Pura Pangrebongan sebagai bagian awal dari prosesi perayaan odalan atau yang dikenal dengan upacara Pangrebongan di Kesiman Denpasar Timur Bali.
More

Panggung Krapyak, Tempat Sang Raja Berburu

Panggung Krapyak termasuk bangunan yang terletak di poros imajiner kota Yogyakarta. Garis yang membelah kota Yogyakarta, menghubungkan Gunung Merapi, Tugu, Kraton, Panggung Krapyak dan Laut Selatan. Bangunan ini berusia sekitar 250 tahun. Dikenal seb...
More

Nikmatnya Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan resep asli daerah Nusa Tenggara Barat, tepatnya berasal dari kampung Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Rasa pedas dari cabe merah kering giling menjadi ciri khas kelezatannya.
More

Diri Dalam Jari

Saat Anda berjalan-jalan di Ubud, Bali, sempatkan mampir ke Neka Art Museum. Di sana terdapat satu patung kayu unik karya I Pande Ketut Taman yang berjudul "Diri Dalam Jari." Patung jari tangan ini menggambarkan sifat-sifat manusia yang bila disatuka...
More

Anting Perak Dari Desa Celuk

Kerajinan perak menjadi salah satu komoditi seni yang bisa mendatangkan keuntungan untuk potensi pariwisata suatu wilayah, sekaligus untuk kelangsungan hidup para seniman atau pengrajin yang secara turun temurun menggeluti bidang tersebut.
More

Suka Cita Di Malam Purnama (2)

Malam perayaan bulan purnama atau Tiong Jiu di Klenteng Poncowinatan banyak menampilkan hiburan kesenian tradisional , seperti legenda Dewi Bulan dan tarian yang diambil dari cerita rakyat negeri Cina.
More

Suka Cita Di Malam Purnama (1)

Klenteng Poncowinatan atau juga dikenal dengan nama Tjien Ling Kiong berada persis di belakang pasar Kranggan di jalan Poncowinatan nomer 20. Dan berjarak sekitar 50 m dari Tugu Yogyakarta serta dekat dengan pusat perniagaan.
More

Memungut Berkah Grebeg Syawal

Grebeg syawal selalu diakhiri dengan prosesi berebut gunungan,puing dan sisa-sisa gununganpun menjadi incaran tersendiri bagi beberapa masyarakat yang berharap dilimpahi berkah dan keselamatan.
More

Nasi Gandul, Khas Kota Pati

Pertama kali mendengar nama makanan ini, mungkin terasa asing bagi kita yang belum pernah mendengarnya “Nasi Gandul”, Khas Kota Pati, Jawa Tengah. Makanan khas ini dapat kita temui di sepanjang perjalanan dari Tayu – Juwana, Pati, Jawa Tengah.
More
loadmore