Lutung Kasarung

Tatiana Arianne Raisa
Artikel oleh : Tatiana Arianne Raisa
Foto oleh : Tatiana Arianne Raisa
Pin It

Meskipun berasal dari Jawa Barat, dongeng ini sudah menjadi cerita rakyat Nusantara yang terkenal. Berlatar di Kerajaan bernama Pasir Batang, Lutung Kasarung adalah dongeng mengenai seekor lutung yang membantu seorang putri cantik bernama Purbasari Ayuwangi yang menjadi inspirasi kecantikan perempuan Nusantara.

 

Berawal dari seorang Raja yang bijaksana bernama Prabu Tapa Agung, kisah dimulai ketika ia harus memilih salah satu dari dua anaknya, Purbararang dan Purbasari untuk melanjutkan kepemimpinannya. Prabu Tapa Agung menginginkan anaknya yang kedua, Purbasari untuk menggantikannya karena sifatnya yang lembut, baik dan parasnya yang elok. Sang anak sulung, Purbararang yang berperangai buruk sangat marah dengan keputusan sang ayah sehingga berniat untuk menggagalkan rencana ini. Setelah Purbasari dinobatkan menjadi ratu, Purbararang meminta bantuan pada nenek sihir untuk memberikan Purbasari kutukan, dimana ia tumbuh bercak-bercak hitam yang mengerikan di seluruh tubuhnya. Dengan penyakitnya yang mengerikan, Purbasari di asingkan ke hutan dan disini lah ia bertemu dengan Lutung Kasarung, seekor kera hitam yang sebenarnya dewa Guruminda yang dikutuk. Hari-hari Purbasari ia habiskan dengan teman satu-satunya, Lutung Kasarung. Karena kasihan, Lutung Kasarung meminta tolong kepada dewa-dewa untuk membuatkan telaga kecil dengan air yang jernih dan harum. Purbasari diminta untuk berendam dan pada saat itulah penyakit yang menempel pada wajah dan tubuhnya perlahan sirna. Kabar mengenai kondisi Purbasari yang sekarang cantik mempesona dengan cepat menyebar ke kerajaan, membuat Purbararang marah.  Purbasari dengan ditemani Lutung Kasarung kembali ke istana. Karena khawatir adiknya akan mengambil takhta yang saat ini ia kuasai, Purbararang mengajukan syarat untuk menantang Purbasari beradu panjang rambut. Namun, Purbararang kalah karena rambutnya masih kalah panjang dengan rambut Purbasari. Ia pun mengajukan tantang yang kedua yaitu adu ketampanan tunangan. Karena Purbararang memiliki tunangan yang sangat tampan, Raden Indrajaya sedangkan Purbasari hanya memiliki seekor lutung jelek, ia merasa sangat percaya diri akan menang. Namun rencana Purbararang kembali gagal ketika Lutung Kasarung berubah menjadi sosok Pangeran yang tampan dan gagah bernama Guruminda. Semua orang dikejutkan oleh pemandangan magis ini, termasuk Purbasari yang menjadi sangat bahagia.

 

Dari cerita diatas, terlihat jelas bahwa kebaikan, kesabaran serta kecantikan Purbasari dan kekuatan cinta Lutung Kasarung lah yang dapat mengalahkan seluruh kejahatan yang menimpa mereka. Kecantikan yang dimiliki Purbasari memiliki dampak yang besar kepada pandangan kecantikan masyarakat Indonesia. Perempuan Indonesia kerap mencari pancuran mas dari telaga demi mendapatkan kulit serta perawakan yang bersih nan cantik. Masyarakat Indonesia pun terinspirasi dari cerita ini untuk memiliki kulit bersih dengan menggunakan lulur. Nama Purbasari juga sekarang menjadi brand make up yang sangat ternama dari Indonesia. Dari cerita ini, sangat tercerminkan pandangan kecantikan yang diterima oleh masyarakat Indonesia: kulit bersih, halus dan bening.

 

Lutung Kasarung ini bisa disandingkan dengan cerita dongeng barat Beauty and the Beast, dimana sang putri jatuh cinta dengan seseorang yang buruk rupa. Ceritanya pun telah diadaptasi untuk berbagai drama teater, film, sinetron dan buku. 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos