Apa itu Nasi Kentut??

Gabriela Annisaa Balqis
Artikel oleh : Gabriela Annisaa Balqis
Foto oleh : Gabriela Balqis
Pin It

Nasi Kentut? Aduuh kayaknya aneh banget ya kalo di denger? Jadi apa sih nasi kentut itu? Kebayang ga sih?

 

Tenang tenang.. ternyata nasi kentut itu beda banget lho dari apa yang kita bayangin! Nasi kentut pastinya bukan makanan yang mempunya bau kentut yaa…

 

Makanan khas Medan ini ialah menu Nasi yang saaaangat terkenal di kotanya.

 

Nasi Kentut adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar nasi, lalu nasi tersebut biasanya akan dilengkapi dengan berbagai lauk kemudian dibungkus lagi dengan sebuah daun.

 

Kok jadi “Nasi Kentut” sih namanya?

 

Ternyata daun yang dipakai untuk membungkus nasi ini, ialah Daun Kentut! Lucu ya… hehe

 

Dari daun inilah yang mebuat nama si nasi ini menjadi nasi “Kentut”

 

Daun yang disebut masyakarat Medan sebagai Daun kentut ini nih yang digunakan sebagai pembungkus si Nasi Kentut ini, karena juga masyarakan Medan menganggap daun ini memberikan cita rasa yang nikmat tentu juga berbeda dari nasi yang lainnya!

 

Apa sih Daun Kentut itu sendiri?


Jadi Daun kentut merupakan tanaman obat yang tumbuh liar, namun memiliki khasiat yang baik banget untuk kesehatan lho!

 

Daun kentut biasa digunakan menjadi lalapan atau makanan yang dicampur dengan berbagai lauk. Daun kentut juga dapat dimasak menjadi santapan kuliner yang memiliki cita rasa tinggi banget menurut masyarakat Medan itu sendiri. Dan biasanya dimakan sebagai lalapan juga lho!

 

Khasiat daun kentut dapat membantu proses pencernaan pada tubuh. Sehingga apabila kamu mengkonsumsi daun kentut secara teratur, pencernaan kamu akan mengalir secara sangaaat teratur, hmm hal ini mungkin juga yang menjadi asal dari nama daun kentut itu kali ya hihi

 

Makanan nasi yang di buat memakai daun kentut ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. Nasi ini memiliki tekstur yang pulen dan juga dilengkapi dengan berbagai rempah-rempah yang bercita rasa gurih, lalu kemudian dibungkus deh menggunakan balutan daun sehingga aroma yang  hasil akhirnya pasti sangat menggugah selera makan kamu deh!

 

Ketika akan disantap, kamu pasti akan melihat warna dari nasi tersebut memiliki warna yang kehijauah serta tercium bau yang harum.

 

Makanan Nasi Kentut ini biasanya berpasangan dengan lauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng. Dan juga dengan sambal untuk melengkapi cita rasa makanan tersebut dan membuatnya menjadi lebih nikmat! seperti sambal terasi, sambal goreng, sambal hijau dan sambal lainnya.

 

Untuk dapetin seporsi nasi kentut, kamu cuman hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 12ribuan aja kok! Murah kan?

 

Jadi kamu yang penasaran banget pengen coba rasa dan pengem menikmati Nasi kentut, langsung aja ke  Jalan Wahidin No. 24, kota Medan.

 

Rumah makan ini buka setiap harinya saat jam makan siang tiba. Rumah makan ini tidak terlalu besar, dengan meja dan kursi lipat yang ditata rapi di dalamnya.

 

Sayang banget nih emang mereka belom buka cabang di sekitaran Ibu Kota.

 

Jadi jangan sampai lupa untuk mampir dan nyoba Nasi Kentut kalo kamu lagi jalan jalan di kota Medan ya!

 

Sumber :

http://medan.panduanwisata.id/wisata-kuliner/nasi-kentut-makanan-tradisional-yang-menggoda-selera/

http://log.viva.co.id/news/read/570599-nasi-kentut--makanan-tradisional-khas-medan

http://www.kulinerart.com/article/indonesian/nasi-kentut

 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos