Asal Usul Martabak Manis!

Gabriela Annisaa Balqis
Artikel oleh : Gabriela Annisaa Balqis
Foto oleh : Gabriela
Pin It

Siapa sih yang tak kenal dengan santapan manis ini? Ya! Hok Lo Pan atau yang biasa disebut Martabak di dalam Bahasa Indonesia ini adalah Makanan Khas Bangka Belitung.

 

Iya semua pasti tau ya kalo martabak itu asli dari Bangka Belitung! hehe

 

Jadi Hok Lo Pan atau Martabak ini diciptakan oleh orang-orang Hakk, Bangka.

 

Satu-satunya makanan di dunia yang memakai nama suku Hoklo sedangkan makanan ini makanan prang suku Hakka.

 

Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak ). Jadi arti dari si Hok Lo Pan itu sendiri adalah Kue Orang Hok Lo.

Hok Lo Pan atau Martabak  adalah kue yang sebenarnya saaaaaangat sederhana! Membuatnya pun juga gampang! Hanya 12 Menit menunggu, Hok Lo Pan ( Martabak ) pun jadi hihihi

 

Bahan dasar dari martabak itu sendiri yaitu adonan tepung terigu, lalu diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau Keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis, lalu selesai dan siap untuk disantap deh!

 

Sekarang ini isi dalam Hok Lo Pan ( Martabak ) pun macam-macam, ada pisang, strawberry, blueberry, dan lain lain.

 

Dengan seiringnya berjalannya waktu isi dari martabak ini diisi dengan isi yang lebih bervariasi mulai Nutella, Ovamaltine, bahkan sampai Cream Cheese! Dan adonan dari martabak ini mulai di variasikan ditambah dengan Green Tea, Pandan, sampai perasa Black Forest! Padahal dulu aslinya cuman berisi wijen aja lho!


Lucunya lagi terkadang Martabak dikenal dengan sebutan kue bandung.

Padahal jelas-jelas ini bukan kue dari bandung, melainkan Ini  kue orang Hakka. Tapi kok jadi Kue Bandung namanya sih?

 

Hal ini dikarenakan orang yang menbuat Martabaknya ialah orang Bangka yang menetap di Bandung, jadi deh Kue Bandung!


Hok Lo Pan ( Martabak ) sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia. Rasanya yang gurih, manis dan juicy.

 

Selain di Bangka Belitung, Hok Lo Pan ( Martabak ) ini sangat mudah ditemui diberbagai kota di seluruh Indonesia, seperti di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan, hampir di seluruh Indonesia deh pokoknya!

 

Buat kamu yang pengen nyabain Martabak Bangka ter-enak di daerah aslanya yaitu Bangka, bisa langsung ke A Cauw. Lokasi di dekat simpang sekolah swadaya, Pangkal Pinang, Bangka.  Kata orang-orang ini sih martabak paling enak di Bangka lho!

 

 Tapi buat yang kamu tingal di Jakarta, dan ingin mencicipi Martabak Ter-enak bisa di Tanjung Duren, Jakarta anda bisa beli Martabak Sinar Bulan, seberang Fuji Digital Image. Martabak Sinar Bulan adalah martabak yang paling lama di Tanjung Duren. Atau Martabak A Fong, seberang SS Photo. Semua martabak  diatas dibuat oleh orang Bangkam jadi gausah jauh-jauh ke Bangka deh! Hehe selamat mencoba ya!

 

Sumber :

 

http://www.martabakorion.com/2012/10/sejarah-martabak-manis-berasal.html

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos