Kaskus "The Largest Indonesian Community"

Mohamad Axel Putra Hadiningrat
Artikel oleh : Mohamad Axel Putra Hadiningrat
Foto oleh : Kaskus
Pin It

Kaskus adalah komunitas maya berbasis forum website terbesar di Indonesia. Sedikitnya situs kaskus ini dikunjungi oleh 900 ribu orang setiap harinya. Kelabihan kaskus yang tidak dimiliki oleh situs forum lainnya adalah komunitasnya yang sangat kuat biasanya disebut dengan”kaskuser”. Kaskus diciptakan tahun 1999 oleh 3 orang mahasiswa asal Indonesia Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. Pada awal penciptaannya kaskus hanyalah sebuah forum internal bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri pada saat itu mengingat ketiga orang pencipta kaskus ini sedang berkuliah di Seattle Amerika Serikat, namun kini kaskus sudah menjadi situs terbesar dan bisa dibilang yang terbaik.

 

Kini kaskus tak hanya menyediakan fitur forum yang membahas topic-topik tertentu, tetapi sudah banyak sekali fitur yang ditambahkan salah satunya adalah fitur “FJB” atau forum jual beli. Barang yang dijual di forum ini sangat variatif. Pesatnya perkembangan Kaskus, membuat kaskus pernah mengalami berbagai macam masalah, baik masalah teknis maupun non-teknis. Masalah teknis seperti Kaskus pernah mengalami Over-posting karena terlalu banyak pengguna kaskus yang melakukan posting sehingga systemnya pernah down, atau permasalahan dengan domain dan lain sebagainya. Permasalahan Non-teknis pun sempat menjadi tantangan bagi kaskus salah satunya permasalahan dengan undang-undang ITE, lewat forum pembicaraan masalah sex dan masalah-masalah tentang SARA.

 

Dinamika pengguna kaskus membuat kaskus menjadi lebih berwarna, salah satunya seperti istilah-istilah yang menjadi “terminology” dan Trademarknya kaskus seperti istilah Agan dan Aganwati panggilan untuk para pengguna Kaskus Agan untuk Laki-Laki dan Aganwati untuk Perempuan. “Cendol” adalah istilah bagi thread yang mendapatkan good reputation, atau ada juga “Bata Merah” untuk thread yang dianggap mempunyai reputasi buruk.

 

Kaskus bukanlah situs website semata namun Kaskus adalah sebuah fenomena. Kaskus membuktikan bahwa masyarakat kita ternyata “Melek Teknologi”. Kita sudah paham untuk menggunakan teknologi dan pandai memanfaatkannya. Dari kaskus juga saya belajar bahwa masyarakat kita ternyata sangat senang memperbincangkan banyak hal dari topic yang berbobot sampai yang tidak penting sama sekali, namun dengan segala keahlian kita menggunakan teknologi dan berani mengungkapkan pernyataan melalui tulisan ini apakah dapat menjamin bahwa kita adalah pengguna media yang bijak?

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos