Gambang Kromong ala Benyamin Sueb!

Syarifah Hana Alhaddad
Artikel oleh : Syarifah Hana Alhaddad
Foto oleh : liputan6
Pin It

Jika ada yang tanya ke saya, Gambang Kromong musiknya seperti apa sih? Jujur, pasti saya kebingungan cari akal untuk memberikan contoh. Tapi kalau ada yang nyanyi begini:

 

“Nyok, kite nonton ondel-ondel, nyooook

Nyok, kite ngarak ondel-ondel, nyoook

Ondel-ondel ade anaknye, ooooi

Anaknye ngigel ter-iteran, ooooi”


Langsung kembali nostalgia masa kecil dinyanyikan lagu-lagu Gambang Kromong, hasil Benyamin S. oleh bapak, tante dan kakek-nenek saya. Tinggal diantara keluarga saya yang masih kental budaya betawinya, mereka sering sekali menyanyikan lagu Gambang Kromong untuk mengiringi saya saat tidur atau jika saya sedang rewel menangis. Bahkan mungkin, jika lagu ini dimainkan sekarang secara instrumental, belom tentu saya akan mengenal langsung nadanya. Hal ini membuktikan betapa pentingnya peran Benyamin Sueb dalam kesenian Betawi.

Mungkin lebih banyak dari kalian yang mengenal Benyamin S. dalam peran beliau di film seperti 'Si Doel Anak Betawi'. Tapi tokoh legendaris Benyamin Sueb sebenarnya sangat diidentikan sebagai seniman musik tradisional Betawi, khusunya Gambang Kromong. Selain lagu ondel-ondel yang telah pekat tercantum dalam ingatan saya, adapun lagu Gambang Kromong lain yang telah dibuat beken oleh dirinya, seperti Kompor Meleduk, Sang Bango dan lain-lainnya! Tentunya sebagian dari musik beliau telah dibuat dengan gaya yang lebih unik. Coba saja putar lagu-lagu Gambang Kromong, Benyamin S. sekarang, pasti banyak dari musiknya yang akan terdengar akrab di kuping kalian! Nyoook!

Reference:

https://tempoejadoel.wordpress.com/2013/05/27/maestro-betawi-benyamin-sueb/ 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos