Madani Corp

Sharfina Fitri Indrayadi
Artikel oleh : Sharfina Fitri Indrayadi
Foto oleh : http://directory.idkreatif.net/directory/madani-violin/
Pin It

Termasuk perkara mudah dalam menjumpai pengamen jalanan di sepanjang jalan-jalan utama sekitar kota Jakarta. Mengamen merupakan salah satu pekerjaan yang dapat dijumpai dibeberapa lapisan masyarakat kota-kota besar di Indonesia. Pada umumnya, gitar menjadi alat musik favorit yang digunakan sebagai salah satu instrumen pengiring lagu. Tidak jarang juga beberapa pengamen menambahkan tambourine, atau bahkan drum set berukuran kecil untuk menghasilkan lantunan musik yang lebih kompleks. Semua ini cukup sering kita temukan ditengah macetnya jalan raya, saat sedang menyantap hidangan kaki lima di bahu jalan, atau sembari menusuri jalan ibu kota dengan kaki.

Entah karena penonton yang sudah sangat terbiasa dengan model pengamen seperti yang telah disebutkan, atau memang sisi kreatif para pengamen yang semakin berkembang, alih-alih memainkan bermusik dengan gitar, kini mulai marak ditemukan pengamen-pengamen yang mencari nafkah dengan alat musik senar lainnya, biola. Sebagai segelintir orang yang cukup awam dalam bermusik, timbul pertanyaan bagaimana para pengamen ini terlihat cukup mahir dalam bermain biola? Bukan karena bermain gitar terlihat lebih mudah, tetapi  dibandingkan dengan gitar, lebih sedikit orang yang paham dan mengerti cara memainkan biola dengan baik dan benar. Kebanyakan orang-orang yang bermain biola juga berasal dari kalangan 'atas'. Lantas, kira kira dari mana para pengamen ini berkenalan dengan biola?

Madani Corp ternyata dapat menjadi jawaban dari beberapa pertanyaan diatas. Madani Corp adalah sebuah komunitas yang sudah cukup lama berbisnis kerajinan membuat biola kayu. Semua biola hasil produksi Madani Corp menggunakan kayu sebagai bahan bakunya.

Berawal dari membuat biola kayu, Madani Corp memasuki pasar menengah kebawah dalam mendistribusikan produknya. Fakta bahwa biola identik sebagai alat musik kelas atas karena relatif mahal, Madani Corp menargetkan masyarakat menegah kebawah– dalam hal ini termasuk para pengamen–dengan menghadirkan sistem cicilan untuk mebeli biola. Dengan demikian, semua kalangan akan bebas dalam mempelajari biola sebagai alat musik. Tentunya, minat bermain biola di kalangan tersebut semakin melonjak.

Dengan minat yang kian bertambah, Madani Corp membuat divisi baru, bertujuan sebagai sarana belajar bermain biola yang terbuka untuk umum. Disinilah mereka dapat melakukan eksplorasi seni musik menggunakan biola sebagai instrumen. Sebagai sanggar bermain biola, Madani Corp berkembang cukup pesat. Berawal dengan berkerjasama dengan beberapa sekolah sebagai penyedia jasa ekstrakulikuler bagi siswa yang tertarik untuk bermain biola, kini Madani Corp berencana untuk berkerja sama dengan beberapa perusahaan tertentu untuk mendirikan sekolah khusus biola yang berlokasi di Bali. Tentu bisa kita nantikan kemajuan dunia musik khususnya dalam seni memainkan biola ini!

 

 

 

 

 

 

Source: http://madanicorp.blogspot.com
Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos