Museum Pusaka: 6000 Koleksi Keris dan Kehebatan Dibaliknya

Angelica Chantika Herlambang
Artikel oleh : Angelica Chantika Herlambang
Foto oleh : mahakam24.blogspot.com
Pin It

Sebagai bagian dari penduduk Indonesia yang seharusnya mengenal dengan baik adat dan budaya bangsanya, pastinya Anda tau dong Keris itu apa? Sederhananya, Keris merupakan salah satu senjata tradisional asal Indonesia yang pada jaman dahulu sering digunakan saat perang terjadi. Senjata ini memiliki bentuk yang unik dikarenakan lekuk dan ornamennya  yang sangat indah. Selain itu, Keris merupakan semacam penyokong kesaktian dan kekuatan batin sang pemilik senjata ini. Nah, pemilik Keris ini disebut sebagai “Empu”

Para pemegang Keris pada jaman dahulu, umumnya adalah mereka yang memiliki kehidupan atau budaya yang erat dengan kerajaan Majapahit. Para pemiliki ini tersebar di beberapa daerah seperti Jawa, Nusa Tenggara, Sumatera, Madura, beberapa daerah di Sulawasei, daerah Pesisir Kalimantan dan beberapa daerah di Asia Tenggara seperti Filipina dan Thailand.

Sebagai salah satu senjata tradisional yang khas dan bernilai tinggi, Keris tentunya perlu untuk dipamerkan dan diperkenalkan secara terperinci tentang latar belakang dan sejarah dibaliknya. Ini tentu untuk menambah pengetahuan dan mengedukasi masyarakat kini yang mungkin tidak mengenal Keris secara mendalam serta sejarah yang menarik dibaliknya. Salah satu sarana yang tepat untuk meletakkan Keris-keris yang bersejarah ini dan kemudian diperkenalkan kepada masyarakat luas adalah dengan dipamerkan lewat museum, yaitu Museum Pusaka yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

Museum Pusaka ini dibangun dengan tujuan untuk melestarikan dan menginformasikan tentang senjata-senjata tradisional bersejarah untuk sarana edukasi dan penelitian. Museum ini merxupakan museum yang memiliki koleksi paling lengkap dimana Keris-keris ini dikumpulkan dari 26 provinsi berbeda di Indonesia. Didalamnya diletakkan koleksi Keris yang berjumlah lebih dari 5.000 Keris yang awalnya merupakan koleksi pribadi Mas Agung yang kemudian diberikan kepada Ibu Tien Soeharto dan kemudian ditambah lagi dengan beberapa pembelian yang dilakukan untuk memperlengkap koleksi yang telah ada.

Koleksi tertua yang terdapat di museum ini adalah Keris dari peninggalan jaman Mataram abad ke-18. Keris ini merupaka Keris hasil karya dari Mpu Brojoguno yang terbuat dari baja dan besi. Guratannya terbuat dari batu meteor. Kehebatan dan keunikan dari Keris ini adalah bahwa Keris tersebut dapat berdiri tegak diatas sarungnya, dikarenakan ketelitian dari si pembuat Keris dalam mengukur keseimbangan saat membuatnya.

Di museum ini, tidak hanya dipamerkan Keris-keris beserta informasi menarik dibaliknya, tetapi juga museum ini membuka jasa untuk perawatan Keris bagi masyarakat umum. Biasanya perawatan Keris dilakukan pada bulan Suro.

Jika anda penasaran dengan Keris-keris ini dan cerita-cerita menarik dibaliknya, anda dapat langsung berkunjung ke Museum Pusaka di Taman Mini Indonesia Indah. 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos