Gurihnya Kuliner Betawi

Ajeng Savitri
Artikel oleh : Ajeng Savitri
Foto oleh : http://eatingasia.typepad.com/.a/6a00d8341c509553ef0120a5f54bb2970b-pi
Pin It

Jakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan keragaman kulinernya yang lezat. Berbagai masakan tradisional Betawi memiliki cita rasa yang unik, diantaranya adalah Kerak Telur dan Asinan Betawi. Lezatnya kedua cemilan ini sangat menggugah selera.

Asinan Betawi

            Salah satu asinan betawi yang terkenal di Jakarta adalah asinan milik Bu Yenni. Makanan tradisional yang satu ini, menjadi pilihan favorit banyak orang. Rasa saus kacang kental yang dicampur dengan berbagai sayuran lezat dan taburan kacang tanah ini cocok dijadikan penyemangat di siang hari.

Berawal dari hobi memasak Bu Yenni, ia iseng membuka warung asinan di tengah Jakarta. Awalnya Bu Yenni menjual asinan ini dengan menggunakan gerobak, berkeliling di sekitar Jakarta. Namun tidak disangka-sangka asinan ini mejadi sangat laris hanya dalam jangka waktu satu tahun.  Karena permintaan akan asinan ini pun meningkat, Bu Yenni memutuskan untuk membuka warung makan di 3 tempat yang berbeda.

Warung makan yang sederhana bukan menjadi penghalang para pengunjung untuk beramai-ramai datang ke warung makan Bu Yenni untuk mencicipi kesegaran asinan tradisional ini. Toko ini selalu penuh akan pembeli terutama pada siang hari. Dalam satu hari Bu Yenni bisa menjual hingga 600-700 bungkus asinannya. Rasa yang lezat tidak hanya alasan mengapa banyak pelanggan datang ke warung Bu Yenni, namun kerendahan hati bu Yenni saat melayani para pembeli juga merupakan alasan mengapa para pelanggan senang datang ke warung makan ini. 

Kerak Telor

            Makanan yang stau ini sudah dikenal sejak zama penjajahan Belanda saat Batavia masih dipenuhi oleh pohon kelapa. Saat itu salah seorang rakyat Betawi berkesperimen dengan mencampurkan ketan, kelapa parut, dan telur menjadi satu dan membakarnya dengan arang. Tidak disangka-sangka banyak orang menyukainya, mulai saat itu lah kerak telur menjadi terkenal di kalangan masyarakat Betawi.

            Hingga kini kerak telur dikenal sebagai salah satu makanan tradisional betawi. Banyak pedagang kerak telur yang dapat ditemukan di pinggir Jakarta. Cara pembuatannya yang tradisional menggunakan anglo dan aranglah yang menjaga cita rasa gurih dan legit kerak telor yang tidak dapat tertandingi hingga kini. Baru arang yang masih melekat, dan menyebabkan telur sedikit gosong saat diangkat dari wajan menghasilkan kenikmatan luar biasa di lidah semua orang.

 

Sumber:

http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=14880

http://infonitas.com/kebayoran/2015/03/12/nikmati-kesegaran-asinan-betawi-ibu-yeni/

http://www.liburanjakarta.web.id/2014/06/sejarah-kerak-telor/
Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos