Balia Tampilangi: Kerasukan Roh Leluhur Demi Menyembuhkan Sesama

Angelica Chantika Herlambang
Artikel oleh : Angelica Chantika Herlambang
Foto oleh : Basri Marzuki
Pin It

Pernahkah Anda mendengar aksi yang dilakukan dimana beberapa orang menginjak bara panas? Apakah anda tidak penasaran dari mana asalnya aksi tersebut dilakukan? Jika anda penasaran, disini anda dapat menemukan jawabannya. Tarian menginjak batu bara tersebut dikenal dengan nama Balia Tampilangi. Tarian tersebut adalah tarian tradisional yang merupakan sebuah cara yang umumnya dilakukan untuk pengobatan tradisional, akan tetapi  terkadang bisa juga dilakukan untuk maksud lain seperti menolak bala dan juga ritual adat lainnya. Tarian/pengobatan tradisional ini berasal dari provinsi Sulawesi Tengah.

Asal mula Tarian Balia Tampilangi adalah dari Tanah Taili, Sulawesi Tengah. Tarian ini dilakukan oleh kalangan bangsawan yang menempati daerah tersebut. Ritual ini kemudian berkembang dan meluas, lalu mulai banyak digunakan oleh masyarakat umum terutama di Palu, Donggala dan Parigi.

Tarian yang meliputi aksi menginjak bara panas ini dilakukan oleh para lansia berumur 60 tahun keatas yang berjumlah kurang lebih 12 orang. Para penari yang melakukan aksi ini bukanlah orang sembarangan, melainkan mereka yang sudah berpengalaman dan beberapa merupakan keturunan langsung dari penari Balia sebelumnya.

Proses yang dilakukan dalam tarian ini adalah para penari menyanyikan lagu daerah kuno dan mengikuti iringan musik dari gendang dan seruling Lalove. Mereka menyanyikan lagu dan terus menari mengelilingi tempurung kelapa yang sudah dibakar. Saat para penari bernyanyi dan menari, mereka kemudian akan dirasuki oleh roh para leluhur dan mulai menginjak-injak tumpukan tempurung kelapa yang sudah menjadi bara panas. Mereka tidak merasakan panas yang menjalar di kaki mereka karena terdapat kekuatan roh yang ada di dalam tubuh mereka. Maka dari itu, waktu yang tepat untuk melakukan ritual tradisional ini adalah pada saat Maghrib atau malam hari.

Jika Anda yang tinggal di Jakarta penasaran seperti apa tarian tradisional tersebut dan ingin melihatnya secara langsung, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Sulawesi Tengah. Anda bisa mengunjungi anjungan Sulawesi Tengah di Taman Mini Indonesia Indah yang berlokasi di Jakarta Timur. Anda tidak hanya dihibur dengan pentas kebudayaan seperti Tarian Balia Tampilangi, tetapi Anda juga dapat melihat seperti apa rumah-rumah adat yang ditempati penduduk Sulawesi Tengah, pakaian adat, dan kerajinan tradisional asal Sulawesi Tengah. 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos