Bakmi: Si Keriting Pengundang Rasa Lapar

Ajeng Savitri
Artikel oleh : Ajeng Savitri
Foto oleh : http://angsarap.net/2013/07/18/mie-ayam/
Pin It

Bakmi merupakan salah satu makanan tertua di dunia. Asal usul mie hingga kini masih menjadi perdebatan. Belum diketahui pasti siapa yang pertama kali pembuat makanan lezat ini. Ada beberapa orang yang berkata bahwa mie berasal dari China pada tahun 25-200 saat masa Dinasti Han. Ada pula yang berkata bahwa teknologi pembuat mie pertama berasal dari Timur Tengah. Selain itu banyak juga orang yang menyangka bahwa mie berasal dari pasta yang pada abad ke 13 dibawa oleh Marco Polo saat kunjungannya ke Cina.

      Namun, mie baru menyebat di sekitar benua Asia hingga 100 tahun setelah tersebarnya mie di Cina. Beberapa negara  seperti Jepang, Korea, Laos, hingga Indonesia mulai mengadopsi makanan tersebut dan mengkreasikannya hingga banyak variasi makanan mie khas tiap negara. Di Indonesia sendiri mie dijadikan salah satu makanan pokok pengganti nasi oleh masyarakatnya. Oleh karena itu, banyak restaurant yang menyajikan menu bakmi yang banyak disukai oleh masyarakat. Salah satunya kota Jakarta, berbagai restauran seperti Bakmi Boy Mayestik, Bakmi Ayam Gamat, Bakmi John Melawai, dan Bakmi Buncit adalah beberapa rumah makan terkenal yang menjual menu khas mie.

 

Bakmi Boy Mayestik

            Restauran mie yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1963. Cita rasanya yang khas menjadi salah satu alasan restaurant ini dapat bertahan hingga kini. Rumah makan ini merupakan salah satu penjual mie ayam yang halal. Tekstur mie yang tipis dan penggunaan ayam kampung sebagai topping mie ini lah yang membuat mie ini terkenal sebagai salah satu mie legendaris di Jakarta.

Bakmi  Ayam Gamat

            Bakmi ayam gamat merupakan salah satu restaurant yang wajib dicoba bagi pecinta bakmi. Yang unik pada restaurant ini adalah bumbu mie yang digunakan tidak mengandung MSG, tetapi menggunakan gamat atau teripang laut. Teripang sangat baik untuk dikonsumsi, salah satu kegunaannya dapat membantu menyembuhkan penyakit asam urat dan diabetes. Mie sehat ini sudah terkenal di penjuru Jakarta, saat ini sang pemilik telah membuka 2 cabang di Bedungan Hilir dan juga Pejaten.

Bakmi John Melawai

            Nama restaurant ini diambil dari nama pemiliknya yaitu Om John. Ia merupakan orang asal Flores yang suka sekali dengan mie. Menu khas rumah makan ini adalah mie Yamin. Yang membuat rasa bakmi John spesial adalah kecap racikan spesial yang dicampur menjadi satu dengan ayam jamur dan pangsit pelengkap mie ini. Rumah makan ini telah mempunyai 3 cabang di Jakarta, di Menteng, Bintaro, dan di Melawai.

Bakmi Buncit

            Bakmi Buncit ini konon berasal dari Kalimantan, tepatnya di kota Banjarmasin. Kata sang pemilik alasan dinamakan Bakmi Bunci karena mie ini sangat enak hingga bisa membuat orang yang memakannya menjadi buncit. Menu utama restaurant ini adalah bakmi, namun banyak variasi makanan lain seperti kwetiau dan bihun yang juga tidak kalah sedap. Selain itu ada makanan khas lain restaurant ini bernama Kamuyam. Kanuyam merupakan cemilan sejenis otak-otak goring yang terbuat dari daging ikan, udan, dan ayam. Rumah makan ini berada di daerah BSD city, Bintaro Jaya, dan juga Gading Serpong.

 

Sumber:

http://www.haphap.com/id/review/v/5-tempat-makan-bakmie-ter-enak-di-jakarta

http://food.detik.com/read/2013/05/30/130233/2260141/933/wah-nikmatnya-mie-sehat-bumbu-teripang-laut 

http://harribaskoro.com/?p=1237

http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/14/02/16/n120kl-dari-mana-ya-asal-mula-bakmi
Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos