Phenomena: Novel Lupus tahun 1980-an

Reza Fahlevi
Artikel oleh : Reza Fahlevi
Foto oleh : http://m.inilah.com/news/detail/2103011/lupus-tangkaplah-daku-kau-kujitak
Pin It

 Novel Lupus tahun 1980-an Lupus merupakan sebuah cerpen yang dimuat dimajalah Hai, dan kemudian karena bukunya sangat mem-booming dijadikan novel. Pengarang cerita Lupus ini adalah Hilman Hariwijaya. Di era awal 80-90-an, cerita Lupus sangat digemari anak-anak terutama remaja karena disebut sebagai gambaran anak "ibukota" dan keunikan dari tokohnya. Sayangnya karena saya sendiri bukan anak remaja ditahun 90-an, jadinya kesannya kurang mendalami disaat kembali membaca cerpen yang menarik ini, namun tetap saja ini menjadi karya Indonesia yang sangat bravo.

Tokoh utama dari cerpen ini adalah seorang remaja kelas 2 SMA bernama Lupus, yang berkarakter kocak, tengil, asal. Penampilannya sendiri digambarkan sebagai anak gaul dengan gaya rambut gondrong berjambul ala John Taylor, bergaya jaim dan kebiasaannya mengunyah permen karet. Meskipun begitu, rambutnya diledekin adiknya yang menganggap seperti sarang burung. Boim, Gusur, Anto, Pepno, Happy Uwi menjadi teman-teman Lupus yang membuat cerita makin menarik. Lupus merupakan gambaran meskipun hidup susah, tapi dengan riang gembira dan kesetiaan pada teman, segalanya menjadi menarik.Lupus juga pernah difilmkan oleh Alm. Ryan Hidayat.

Novel Lupus punya banyak serinya, dari Tangkaplah Daku Kau Kujitak menjadi rilis pertamanya, lalu Cinta Olimpiade, Cinta Pertama dan masih banyak lagi. Cerita Lupus menjadi cerita salah satu cerpen Indonesia terbaik sepanjang masa.

Berikut adalah Serial-serial Lupus:

1.Tangkaplah Daku Kau Kujitak

2.Cinta Olimpiade

3. Makhluk Manis dalam Bis

4. Tragedi Sinematis

5. Topi-Topi Centil

6. Bangun dong Lupus

7. Sendal Jepit

8. Iih, Serem

9. Idiiih, Udah Gede

10. Drakuli Kuper 

 Post From: http://tulis.yu.tl/serial-lupus.xhtml

https://ighofreesoul.wordpress.com/2012/10/16/baca-novel-lupus-lagi/ 

Foto Tangkaplah Daku Kau Kujitak:http://m.inilah.com/news/detail/2103011/lupus-tangkaplah-daku-kau-kujitak

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos