Mangkunegaran Performing Art : Seni Kraton yang Merakyat

Foto oleh : Steafanus Ajie
Pin It

Suasana_di_Pendopo_Istana_Puro_Mangkunegaran.jpg

Keberadaan sebuah Kraton tidak hanya mempunyai fungsi sebatas pada tata pemerintahan dan politik semata.  Kraton juga merupakan sumber tatanan nilai dan budaya yang diwujudkan dalam berbagai karya seni yang terlahir dari dalamnya. Seni dalam lingkungan Kraton, selain mempunyai fungsi sebagai sarana berekspresi juga merupakan sarana penyampaian nilai-nilai luhur yang dikemas dengan bahasa simbolis, yang tertuang dalam berbagai karya seperti , seni arsitektur, tari, lukis, lagu, musik dan sastra. Jika kokohnya tembok istana, megahnya singgasana raja dan kuatnya prajurit-prajurit menjadi simbol kekuatan kekuasaan dari  sebuah Kraton, maka karya-karya seni yang dilahirkan oleh para pujangganya adalah simbol keagungan budaya dari  Kraton tersebut. Seni juga menjadi alat diplomasi yang secara esklusif dipentaskan saat diadakan perhelatan akbar dari pihak Kraton atau untuk menyambut tamu-tamu penting dari luar Kraton.

Berias_sebelum_tampil.jpg   Berias sebelum tampil 

Seiring dengan perkembangan zaman, karya seni dari dalam tembok Kraton bukan lagi sesuatu yang esklusif yang hanya bisa dijangkau oleh para kaum ningrat saja. Tanpa meninggalkan keluhuran nilai serta kesakralannya, karya seni tersebut kini bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Hal ini bisa dirasakan saat digelarnya event rutin Mangkunegaran Performing Art, yang diadakan di Pendapa Istana Puro Mangkunegaran Solo, pada tanggal 11-12 Mei 2012. Para pejabat pemerintah Kota Solo, Keluarga Mangkunegaran dan berbagai tokoh masyarakat lainnya, berkumpul bersama-sama dengan masyarakat Kota Solo serta wisatawan asing maupun domestic untuk bersama-sama menikmati sajian seni dari Puro Mangkunegaran. Arsitektur megah pendapa Jawa dengan hiasan lampu-lampu kristalnya, menjadi set panggung yang akan menambah keagungan dari karya-karya seni yang akan dipentaskan malam itu. Event yang berlangsung selama 2 hari tersebut menyajikan beberapa pementasan seperti, Beksan Golek Montro sebagai tarian pembuka,Beksan Bandabaya, Beksan Gambyong Retno Kusumo, Beksan Srikandi Larasati dan Beksan Wiropratomo. Panembromo, Beksan Manipuri, Beksan Jaranan, Beksan Puspito Retno, dan  Kembang Ngargoyoso.

Berlatih_sejenak_di_belakang_panggung.jpg   Berlatih sejenak di belakang panggung 

Setiap pementasan mempunyai kisah dan pesannya tersendiri.  Ada Beksan atau Tari Gambyong yaitu tarian yang berkisah tentang kemolekan gadis remaja yang sedang bersolek. Tarian ini biasa dipentaskan untuk menyambut tamu-tamu penting. Kisah kehebatan prajurit Kraton, dituturkan dalam Beksan Bandabaya, sedangkan Beksan Puspito Retno menceritakan tentang keperkasaan prajurit-prajurit perempuan. Sambutan sangat meriah dari penonton ditujukan kepada puluhan siswa-siswi Taman Kanak-Kanak yang mementaskan paduan suara lagu-lagu Jawa atau Panembromo yang syair-syairnya membawa pesan tentang kecintaan untuk terus melestarikan budayanya sendiri ditengah zaman yang semakin maju ini.

Paras_Ayu_Srikandi.jpg   Paras Ayu Srikandi 

Selain berbagai pementasan tari, gamelan dan panembromo, pengunjung Mangkunegaran Performing Art juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner khas Kota Solo seperti wedang ronde, jenang suran, srabi, sate kere, tahu kupat dan berbagai macam menu-menu lezat lainnya yang bisa di dapatkan di sekitar pendapa tempat berlangsunganya pementasan. Sebuah sajian budaya yang lengkap melalui keindahan arsitektur Puro Mangkunegaran, keagungan sajian seni dan lezatnya kuliner khasnya menjadikan Mangkunegaran Performing Art sebagai perhelatan yang memberikan hiburan serta inspirasi untuk terus mencintai dan melestarikan kebudayaan sendiri.  Mangkunegaran Performing Art adalah sebuah pementasan tentang kekayaan cita rasa seni dari Mangkunegaran, yang dipersembahkan untuk menghibur seluruh warga masyarakat dan sebagai sumbangan bagi daya tarik wisata budaya di Kota Solo.

Kisah_Prajurit_Wanita_dalan_Beksan_Puspito_Retno.jpg   Kisah prajurit perempuan dalan Beksan Puspito Retno 

Tari_Jaranan.jpg   Tari Jaranan 

Tari_Manipuri.jpg   Tari Manipuri 

Paduan_suara_anak_anak_TK_melantunkan_sebuah_Panembromo.jpg   Paduan suara anak-anak TK melantunkan sebuah Panembromo

Menikmati_sajian_seni_plus_hidangan_khas_Solo.jpg   Menikmati sajian seni plus hidangan khas Solo

Wisata_Budaya__Seni_dan_Kuliner.jpg   Wisata budaya dalam gelaran Mangkunegaran Performing Art 2012

(teks dan foto : Stefanus Ajie/Kratonpedia) 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos