Manis Gurihnya Kuliner Banjar

Foto oleh : FG. Pandhuagie
Pin It

 apem_kukus_banjar_fg.pandhuagie.jpg

Kabupaten Banjar masuk dalam wilayah Propinsi Kalimantan Selatan, semula terdiri dari 12 Kecamatan kemudian menjadi 19 Kecamatan setelah dimekarkan. Kecamatan baru ini adalah Kecamatan Martapura Barat, Martapura Timur, Beruntung Baru, Paramasan, Telaga Bauntung, dan Kecamatan Tatah Makmur . Dari 19 Kecamatan tersebut tersebar 281 desa dan 7 kelurahan.

Hal ini sekaligus membuat Kabupaten Banjar memiliki posisi strategis sebagai lintas ekonomi dan sebagai daerah penyangga bagi wilayah sekitarnya. Wilayah tersebut adalah Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala di sebelah barat, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut di sebelah selatan, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Kotabaru di sebelah timur dan Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan di sebelah Utara.

Hal lain yang tidak kalah menariknya dari Kabupaten Banjar adalah mengenali khasanah budayanya melalui keragaman kuliner  yang dikenal dengan varisasi rasa manis dan gurih. Banyak orang mengenal makanan khas dari Banjar adalah soto, dan terdapat beragam jenis masakan soto Banjar yang kelihatannya mirip satu sama lain, tapi sebenarnya tak sama. Hanya saja semua mempunyai kesamaan pada bahan utamanya yakni menggunakan daging ayam kampung, dan ketupat.

Tapi kali ini yang juga sangat menarik untuk dikenali tentang kuliner Banjar adalah keragaman kue tradisional atau jajan pasar yang banyak ragamnya.Seperti kue  bingka, apem kukus, papare, roti pisang, kue cucur,  patah dan kakicak serta beberapa jajanan pasar lain yang akan banyak dijumpai khususnya saat bulan Ramadhan tiba nanti.

Nah yang cukup unik adalah masih adanya jajanan kuno yakni kue Lempeng Banana atau mungkin bisa disebut sebagai roti pisang kalau jaman sekarang. Disebut kuno karena resep yang digunakan merupakan warisan nenek moyang dan biasanya hanya dari kalangan orang tua saja yang masih mengenali kue ini.

Cara memasaknya juga cukup unik, yaitu menggunakan plat besi panas yang diolesi minyak kelapa seperti pembuatan apem Jawa.Resep unik dan sederhana yang merupakan warisan nenek moyang suku Banjar  ini konon sekarang sudah mulai langka dan sangat disayangkan kalau sampai punah.Bahan pembuat Lempeng Banjar adalah  : sagu rumbia atau parutan singkong, gula merah, kelapa muda, air, pisang atau nangka yang diiris kecil-kecil.

Rasa manis dan gurih kuliner khas Banjar ini bagaikan manis dan gurihnya keragaman budaya Nusantara. Sampai ketemu dengan kekayaan citarasa makanan Nusantara pada penjelajahan berikutnya. Salam KratonPedia.

 

 aneka_jajanan_pasar_banjar_fg.pandhuagie.jpg

apem_khas_banjar_fg.pandhuagie.jpg 

(teks : Wd Asmara Foto : FG. Pandhuagie/KratonPedia)

 

 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos