Pasar Windu Jenar : Tua Tapi Tidak Usang

Foto oleh : Stefanus Ajie
Pin It

4.jpg 

Barang antik, adalah barang-barang produksi zaman dahulu kala yang mempunyai keunikan tersendiri karena bentuk dan kelangkaannya di era sekarang ini. Radio kuno, gramophone, patung-patung kayu dan perunggu, keris, wayang, papan iklan enamel kuno, lukisan bergaya klasik dan aneka perabotan rumah tangga yang sudah langka, merupakan beberapa dari banyak benda-benda peninggalan masa lalu yang dicari oleh para kolektor-kolektor barang antik.

 2.jpg

Berburu barang antik mempunyai keasyikan tersendiri. Bagi para penggemarnya, hal tersebut bukan hanya sebatas jual beli saja, tapi merupakan sebuah petualangan. Barang-barang kuno dengan desain vintage yang unik dan sudah langka ditemukan di era sekarang ini, dan akan benar-benar diburu oleh para kolektor. Nilai jual belinya bisa sangat fantasis, karena yang dihargai bukan hanya nilai asli dari benda tersebut, tetapi nilai keunikan, kelangkaan dan kepuasaan saat memilikinya.

1.jpg 

Sebuah pasar di kawasan Triwindu Solo, bisa menjadi sebuah oase bagi para pecinta dan kolektor barang antik. Pasar yang diberi nama Pasar Windu Jenar ini, merupakan pusat jual-beli aneka barang-barang antik baik asli maupun replika. Pasar ini pada awalnya adalah sebagai hadiah ulang tahun yang kedua puluh emat dari GRAy. Nurul Khamaril, puteri Mangkunegara VII. Dulu pasar tersebut hanya berupa tanah lapang dengan aktivitas perdagangan yang memakai sistem barter. Seiring dengan perkembangan zaman, para pedagang yang menempati lapak-lapak di pasar tersebut mulai membangun kios-kios.

5.jpg 

Di masa sekarang, Pasar Windu Jenar tidak hanya berfungsi menjadi pusat jual beli saja. Penataan ulang dan renovasi pasar yang digabungkan dengan kawasan Ngarsopura serta Pura Mangkunegaran, membuat kawasan ini mempunyai nilai tambah sebagai tempat tujuan wisata di Kota Solo. Mau berburu barang antik, atau hanya sekedar jalan-jalan santai, itu sebuah pilihan. Salam Kratonpedia.

 3.jpg 

6.jpg 

7.jpg 

(teks dan foto : Stefanus Ajie)

 


Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos