Wisata Belanja Flora dan Fauna

Foto oleh : Aan Prihandaya
Pin It

3.jpg

Meski hari itu masih pagi, suasana riuh terdengar sangat jelas dari aneka satwa yang seolah saling bersautan. Ketika itu penjelajahan terhenti, dan sebuah komplek yang terbelah jalan raya menarik perhatian sejenak untuk dikunjungi. PASTY begitulah nama komplek tersebut, yang merupakan singkatan dari Pasar Aneka Satwa dan Tanaman Yogyakarta.

Berbagai jenis burung dan hewan-hewan piaraan dapat ditemui di sini. Dari jenis burung kicau, ular, kelelawar, kura-kura, anjing, hingga tokek dan hamster. Sedangkan kios khusus tanaman yang terdapat di seberang jalan terasa lebih tenang. Beraneka ragam tanaman hias dan berbagai jenis bibit tanaman buah juga terdapat di sisi lain dari blok ini.

Pasar Aneka Satwa dan Tanaman Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan nama  PASTY ini terletak di Dongkelan, jalan Bantul Yogyakarta. Selain sebagai pasar tempat bertemunya penjual dan beli, komplek ini juga dirancang sebagai wahana wisata keluarga. Di komplek ini selain dibangun kios untuk para pedagang, berbagai sarana pendukungpun disiapkan dengan cermat. Mulai dari tempat parkir yang luas dan aman, kamar mandi umum yang bersih, sampai fasilitas mushola juga sudah tersedia di komplek ini.
 
Tidak hanya binatang dan tanaman, namun banyak pula kios-kios yang menyediakan makanan hewan, kandang/kurungan serta kelengkapannya. Di blok tanaman hias banyak pedagang yang menyediakan pupuk, berbagai jenis pot hingga tanah untuk media tanam. Bisa dibilang, PASTY adalah “one stop shopping” untuk hewan peliharaan dan tanaman hias di Yogyakarta.

Awalnya, para pemilik kios di PASTY - khususnya pedagang hewan - adalah mereka yang dulunya berdagang di Pasar Ngasem. Pemerintah kota merelokasi mereka ke tempat yang baru ini, karena konon pasar lama akan dikembalikan fungsinya seperti semula, yaitu sebagai bagian dari komplek Tamansari Kraton Yogyakarta.

Hampir seluruh pedagang justru merasa beruntung bisa menempati lokasi yang baru ini. Sebut saja pak Warto. Dia bersyukur bisa memiliki kios di PASTY, karena tempatnya bersih dan nyaman, sehingga para pembeli tidak enggan untuk berjalan-jalan dan melihat berbagai jenis koleksi binatang yang dijual di komplek tersebut.

PASTY memang bukan semata-mata untuk komunitas hobis, tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai prasarana untuk melepaskan stres dan pengenalan dunia flora dan fauna yang menyenangkan bagi anak-anak. Tidak ada salahnya sejenak menengok sedikit dari begitu banyak kekayaan budaya serta potensi Bumi Nusantara tercinta. Salam Kratonpedia.

 

1.jpg 

2.jpg 

4.jpg 

5.jpg 

6.jpg 

7.jpg 

8.jpg 

9.jpg 

10_1.jpg 

11.jpg 

13.jpg 

(teks dan foto : Aan Prihandaya/kratonpedia)

 


Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos